Cara Melepas Sambungan Pipa PVC yang Sudah di Lem!

  • Whatsapp

Cara Melepas Sambungan Pipa PVC yang Sudah di Lem! – Melepas sambungan pipa PVC (PolyVinyl Chloride) yang sudah dilem sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, loh. Anda hanya membutuhkan beberapa peralatan saja maka pipa pun akan lepas dengan mudah. Adapun beberapa peralatan tersebut adalah sebagai berikut ini, check it out:

  • Sikat gigi yang sudah bekas
  • Minyak rem
  • Kain lap
  • Air putih

Lantas, bagaimanakah caranya melepaskannya? Yuk, mari disimak ulasannya di bawah ini!

  1. Pertama, rebuslah terlebih dahulu air putih yang sudah disiapkan di dalam panci sampai mendidih.
  2. Lalu, masukkan pipa PVC yang akan dilepas dalam panci berisi air yang sudah mendidih tersebut.
  3. Diamkan beberapa menit atau tunggu sampai bagian luar pipa terlihat memuai (mengembang).
  4. Setelah itu, barulah kemudian angkat dan masukkan minyak rem ke dalam sela lubang antara pipa dengan sambungan pipa (fitting) yang akan dilepaskan, lalu sikat bagian sambungan yang ada perekatnya.
  5. Selanjutnya, tarik dan putar-putarlah kedua bagian ujung sisi sambungan pipa menggunakan kain lap yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Jika tidak berhasil, maka celupkan kembali pipa ke dalam air mendidih, beri minyak rem, dan putar-putar pipa dengan lap. Lakukan cara tersebut berulang kali sampai pipa dan sambungannya terlepas.
READ  Perawatan Kecantikan Wajah melalui SehatQ.com dengan Prosedur Medis

Selain cara di atas, Anda juga bisa melepas sambungan pipa dengan beberapa cara berikut ini, di antaranya:

  • Menggunakan minyak kayu putih. Di mana, Anda tinggal mengolesi minyak kayu putih pada permukaan pipa PVC yang akan dilepas dari sambungannya. Olesi minyak kayu putih tersebut secara merata pada kedua ujung sambungan, khususnya pada sela-sela sambungan. Setelah itu, tariklah pipa secara perlahan.
  • Memakai minyak angin. Tak hanya itu, Anda pun bisa melepaskan sambungan pipa menggunakan minyak angin. Caranya? Teteskan minyak angin pada sambungan antar pipa yang dilem kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, ketuk perlahan sambungan pipa memakai palu sampai sambungan terbuka. Jika tidak terbuka, maka lakukan cara buka tutup.

Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan melepaskan pipa dari sambungannya meski pipa tersebut sudah dilem sekalipun. Sambungan pipanya bisa menggunakan produk sambungan dan fitting pipa dari Rucika! Cek langsung website https://www.rucika.co.id/untuk tahu lebih detail mengenai produk sambungan atau fitting, dan juga produk pipa lainnya.

READ  Tunggal Putra Paceklik Gelar All England 25 Tahun, Ini Saran Untuk Jonatan dkk

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *