Sari Roti, Brand Pertama Roti Skala Industri di Indonesia

  • Whatsapp

Sari Roti, Brand Pertama Roti Skala Industri di Indonesia – Penggemar roti satu dekade terakhir pasti kenal dengan Sari Roti. Merek dagang produk roti yang pertama kali dibuat dalam jumlah besar dan menjangkau seluruh Indonesia. Produk yang erat sekali kaitannya dengan berbagai lapisan masyarakat mulai dari konsumen hingga penjual keliling.

Sari Roti dengan Slogan: Rotinya Indonesia

Roti pada dasarnya bukanlah makanan asli Indonesia. Bahan utama pembuatannya adalah tepung terigu dan ragi yang sering disebut juga pengembang . Tentu Anda dapat menebak, bahwa jenis makanan ini dibawa oleh orang Belanda.

Namun, sebenarnya roti konon berasal dari Mesir dan Mesopotamia. Di sana roti terbuat dari gandum. Sekitar tahun 1930, budaya makan roti mulai berkembang. Ini dibuktikan dengan banyak beredarnya roti di pasaran. Tekstur roti saat itu tidak seempuk sekarang.

Pada awal masa kemerdekaan, jenis makanan yang dibawa penjajah ini mulai berkembang. Dalam pembuatannya mulai dikenal adanya mentega sehingga tesktur lebih lembut. Dua puluh tahun kemudian, roti dibuat dengan berbagai isian. Pabrik roti lokal juga banyak berdiri. Mereka menjual produknya dengan cara tradisional, melalui penjual keliling.

READ  Perawatan Kecantikan Wajah melalui SehatQ.com dengan Prosedur Medis

Seiring perkembangan teknologi, Indonesia juga diserbu oleh berbagai produk roti dari luar negeri. Yang paling terkenal adalah produk Belanda, Perancis, Hongkong, dan Amerika. Beberapa masyarakat menganggap roti buatan luar negeri yang harganya lebih mahal, lebih higinis dengan rasa yang lebih enak karena dibuat dengan teknologi terkini.

PT Nippon Indosari Corporation Tbk membuat terobosan baru. Perusahaan yang berdiri tahun 1995 ini mulai beroperasi setahun kemudian dengan memproduksi roti manis dan tawar khas Indonesia.  Pabrik pertamanya berada di Cikarang, Jawa Barat.

Kini perusahaan sudah berganti nama menjadi PT Nippon Indosari Corporindo pada tahun 2003 dan sudah menambah beberapa pabrik baru di Cikarang, Pasuruan, Semarang, Palembang, dan Medan.

Terobosan yang dilakukan ini adalah memasarkan roti dalam berbagai lini, mulai dari pedagang keliling hingga ke swalayan-swalayan di tanah air. Tidak hanya itu, di zaman yang digital ini, roti juga dipasarkan di marketplace, seperti blibli.com. Anda dapat membelinya secara online alias dari rumah saja.

Slogan perusahaan roti ini adalag “Rotinya Indonesia”. Rasa dan bentuknya, khas Indonesia, lebih mirip dengan produk lokal. Hanya saja, roti ini mempunyai tekstur lebih lembut dan rasa lebih bervariasi. Kemasan yang digunakan juga lebih rapi dan higinis.

READ  Cara Melepas Sambungan Pipa PVC yang Sudah di Lem!

Berbagai Variasi Rasa Sari Roti

Anda pasti sudah kenal dengan berbagai produk roti yang satu ini. Bagi yang tidak suka berbelanja secara online, setiap pagi dan sore penjual keliling akan lewat dengan jingle khas dengan menyebut nama atau merek produk. Apa saja variasi roti pertama asli Indonesia yang dibuat dalam skala besar ini? Di bawah ini beberapa di antaranya!

1. Roti Tawar

Seperti umumnya roti tawar produk lain, roti ini berbentuk hampir persegi dan dibuat tipis-tipis. Biasanya roti jenis ini dimakan dengan tambahan daging atau sayur, olesan mentega dan selai, dan la-lain.

Produk roti tawar yang ditawarkan, antara lain: roti tawar, roti tawar double soft, kupas, gandum, choco chip, mini double soft, raisin, dan pandan kupas.

2. Roti Manis atau Roti Isi

Roti jenis ini dibagi lagi menjadi berbagai rasa, seperti cokelat, keju, cokelat keju, pisang cokelat, sari kaya, stoberi, krim cokelat, krim cokelat vanila, krim keju, krim moka, cokelat blueberi, dan sebagainya.

READ  Tunggal Putra Paceklik Gelar All England 25 Tahun, Ini Saran Untuk Jonatan dkk

Itulah sekilas tentang Sari Roti, Rotinya Indonesia! Roti lembut, sehat, dan bergizi produk Indonesia!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *