Waspada Penyakit Serius Karena Konsumsi Air Tidak Bersih

  • Whatsapp

Waspada Penyakit Serius Karena Konsumsi Air Tidak Bersih – Minimnya kesadaran akan bahaya mengonsumsi air tidak bersih membuat banyaknya kasus masyarakat yang terjangkit penyakit serius. Tidak sedikit penduduk yang meninggal karena diare, akibat mengonsumsi air minum yang tidak sehat ini.

Jenis air minum yang Anda pilih untuk dikonsumsi setiap hari dapat turut menentukan kesehatan Anda dan keluarga jadi penting bagi kita untuk lebih mempelajari ciri-ciri air tidak bersih dan dampak apabila mengonsumsinya.

Ciri-ciri air minum tercemar

1. Berbau dan Memiliki Rasa yang Aneh

Penting untuk Anda untuk mencium terlebih dahulu air minum yang akan Anda minum. Jika memiliki bau yang kurang sedap sudah pasti air tersebut sudah tercemar karena air minum yang sehat itu umumnya memiliki rasa yang tawar atau payau.

2. Keruh

Salah satu syarat air layak untuk dikonsumsi adalah tidak memiliki warna atau jernih. Jika air tersebut keruh biasanya disebabkan oleh sejumlah partikel mikroba yang sudah tercampur didalamnya.

READ  Perawatan Kecantikan Wajah melalui SehatQ.com dengan Prosedur Medis

3. Meninggalkan Noda

Apakah Anda suka memperhatikan gelas tempat wadah air minum Anda? Apabila air minum tersebut meninggalkan noda seperti warna hijau kebiruan kemungkinan besar air tersebut telah terkontaminasi oleh tembaga atau zat klorin.

Poin-poin diatas diperkuat dengan syarat air bersih yang dikeluarkan oleh  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), air minum yang ideal adalah yang aman dikonsumsi, jernih, tidak berbau, tidak berasa aneh, bersuhu wajar, bersih dari bakteri, dan mengandung sedikit jumlah mineral.

Dampak Mengonsumsi Air Tidak Bersih

  • Tingginya kadar kotoran dalam air bisa dikaitkan dengan rendahnya IQ pada anak-anak yang mengonsumsinya
  • Racun Arsenik yang mungkin terdapat pada air tercemar umumnya di dalam air yang bersumber dari sumur dapat membahayakan saraf, jantung, pembuluh darah dan kulit
  • Trihalomethanes (THMs) termasuk kloroform merupakan produk sampingan dari klorinasi yang dapat menyebabkan kanker seperti kanker kandung kemih
  • Kehadiran total coliform dapat menunjukkan bahwa terdapat bakteri pada air tersebut yang juga berpotensi membahayakan seperti Escherischia Coli (E.coli).
  • Adanya Cryptosporidium yang merupakan parasite penyebab diare. Jangan anggap remeh penyakit tersebut karena dapat mengancam jiwa.
READ  Sari Roti, Brand Pertama Roti Skala Industri di Indonesia

Setelah Anda mempelajari ciri-ciri air minum tercemar dan dampak nya bagi kesehatan kini penting untuk lebih teliti memilih air minum yang layak untuk dikonsumsi. Apabila Anda menggunakan air keran sebagai sumber air minum Anda pastikan untuk memasaknya sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan dan bagi Anda yang menggunakan air minum kemasan selalu perhatikan juga kebersihan botol beserta tanggal kedaluwarsanya. Begitupula dengan air isi ulang atau galon perlu dicermati juga kebersihan dari depo pengisiannya.

Bagi Anda yang memilih air kemasan sebagai sumber cairan sehari-hari. Pastikan untuk memilih AQUA karena ia memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alamiah. Kandungan mineral pun tidak akan berkurang ataupun hilang karena AQUA langsung mengambil air dari sumbernya. Dari atas pegunungan, air mengalami penyaringan dari pasir dan batuan vulkanis secara alami. AQUA juga melakukan sekitar 400 cek kualitas untuk memastikan mutu air tetap baik.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Selain itu, proses pengemasan yang terlindungi juga menjamin AQUA tidak tercemar dari zat-zat yang tidak diinginkan. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

READ  Tunggal Putra Paceklik Gelar All England 25 Tahun, Ini Saran Untuk Jonatan dkk

Sedia AQUA dimanapun dan kapanpun Anda berada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *